Selasa, 08 September 2009

Bunyi Mendengung di Telinga Tanda Awal Tuli

Jakarta, Ada mitos yang menyebutkan bahwa dengungan di telinga pertanda orang lain sedang membicarakan kita. Namun jangan anggap sepele dulu, karena peneliti di Amerika mengatakan bahwa telinga yang berdengung adalah tanda awal seseorang akan tuli.

Punya IPod dan bisa menikmati musik tiap saat memang menyenangkan. Namun hati-hati, para peneliti memprediksi bahwa dalam 15 hingga 20 tahun mendatang, generasi muda yang sering mendengarkan IPod bisa jadi generasi yang hilang pendengaran.

Para peneliti di Amerika melaporkan bahwa kebanyakan remaja dan orang dewasa saat ini memiliki pendengaran yang sama dengan orang yang berusia 50 tahun. Setelah diteliti, ternyata mereka selalu mendengarkan IPod dan MP3 setiap harinya.

"Sayangnya ini baru awal dari pertanda generasi hilang pendengaran. Gangguan pendengaran memang terjadi lambat dan terakumulasi. Butuh waktu beberapa tahun hingga kerusakan telinga benar-benar terjadi," ujar Lisa Nathan, seorang audiolog dari Cape Town MediClinic, seperti dikutip Health24, Selasa (8/9/2009).

"Sebagai contoh, seorang remaja 15 tahun yang rutin mendengarkan IPod atau MP3 dengan level yang lumayan keras selama beberapa jam setiap harinya bisa mengalami pendengaran pada usia 20 tahun-an. Mereka yang sering pergi ke klub malam atau bermain band juga punya risiko yang sama dalam jangka waktu panjang," tutur Lisa.

Awalnya, sel-sel di telinga mungkin rusak temporer (sementara), gejalanya yaitu merasa salah satu telinga tertutup dan diiringi bunyi dengungan di telinga.

Bunyi mendengung adalah tanda awal sudah adanya kerusakan di telinga, meskipun hanya sebentar-sebentar. Tapi ketika sudah sering terjadi, bisa berubah menjadi kerusakan permanen karena sel-sel telinga sudah mati dan tidak bisa beregenerasi.

Tapi sekeras apakah suara yang bisa membahayakan telinga dan pendengaran?

Para peneliti mengatakan di atas 85 desibel, itu sudah berbahaya. "Suara percakapan adalah 60 desibel, konser rock 115 desibel, suara mesin pesawat 140 desibel, dan suara musik IPod atau MP3 adalah 100 desibel. Semakin sering Anda mendengar pada level berbahaya, risiko kerusakan pun lebih tinggi," ujar Lisa.

Jadi mulai sekarang set IPod atau MP3 Anda dengan level suara maksimal 80 desibel jika tidak ingin cepat-cepat tuli.

img
(Foto : Britishcouncil)

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Dresses. Powered by Blogger