Selasa, 08 September 2009

Trauma Psikologis

Deskripsi
Trauma psikologis merupakan gangguan pada jiwa yang timbul akibat peristiwa traumatik. Peristiwa traumatik bisa sekali dialami, bertahan dalam jangka lama, atau berulang-ulang dialami oleh penderita. Peristiwa tersebut mengalahkan individu untuk mengatasi dan mengintegrasikan ide-ide dan emosinya.

Trauma psikologis bisa juga timbul akibat trauma fisik atau tanpa ada trauma fisik sekalipun. Penyebab trauma psikologis antara lain pelecehan seksual, kekerasan, ancaman, atau bencana. Namun tidak semua penyebab tersebut punya efek sama terhadap tiap orang. Ada orang yang bisa mengatasi masalah tersebut, namun ada pula yang tidak bisa mengatasi emosi dan ingatan pada peristiwa traumatik yang dialami.
Gejala
Penderita trauma biasanya menghindari tiap hal yang memicu timbulnya ingatan akan penyebab trauma. Jika mereka melihat pemicu, apapun jenisnya, mereka akan panik, depresi, marah-marah, atau disosiasi.

Perawatan
Perawatan untuk penderita trauma psikologis atara lain meiputi:
- membangun kepercayaan dengan orang lain.
- belajar mengatur emosi.
- terapi proses yang berhubungan dengan kenangan dan perasaan.

Terapi utama yang sering dilakukan ahli medis adalah dengan terapi somatik, terapi EMDR (Eye Movement Desensitization Reprocessing), atau terapi perilaku-kognitif.

Sumber: disarikan dari berbagai sumber.�

(tbs/tbs)

img
Foto: repro

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Dresses. Powered by Blogger